img

BUKAN HANYA KURANG TIDUR, INILAH 4 PENYEBAB MUNCULNYA MATA PANDA

Munculnya lingkaran gelap di bawah mata atau yang kerap dikenal dengan mata panda ini terkadang memang dapat membuat sebagian besar orang kurang percaya diri. Tak hanya itu, kondisi ini juga dapat membuat seseorang tampak lebih tua. Munculnya lingkaran gelap yang membayang di sekitar mata ini dapat membuat wajah terlihat lebih gelap dan tampak lelah. Maka dari itu, tak heran beberapa orang mencoba untuk menghilangkannya.

Pada umumnya, mata panda muncul karena kurang tidur. Coba saja perhatikan ketika sehabis menghabiskan waktu semalaman untuk menonton serial sekian musim, mengejar tenggat waktu hingga dini hari, atau kegiatan lainnya. Kemungkinan besarnya si mata panda akan muncul di pagi hari tanpa diundang. Akan tetapi, mata panda bahkan bisa muncul walaupun sudah tidur dengan durasi yang cukup. Hal tersebut dikarenakan memang ada penyebab lain munculnya mata panda.

 

4 Faktor Penyebab Mata Panda

Memiliki mata panda dapat menjadi kemelut bagi sebagian orang. Wajah dapat terlihat lebih lelah dan tua seolah semalaman suntuk tidak tidur. Salah satu cara yang biasa dicoba untuk meredakan efek mata panda adalah dengan mengompresnya atau beristirahat. Namun penyebab mata panda bukan hanya karena kekurangan tidur. Jadi jangan bingung apabila mata panda menyapa sekalipun Anda sudah tidur selama tujuh atau delapan jam. Berikut adalah beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab timbulnya mata panda.

 

Kurang Tidur

Menjadi penyebab yang paling umum dan jelas atas kemunculan mata panda, kurangnya tidur dapat mengganggu sirkulasi darah di wajah sehingga menyebabkan munculnya lingkaran gelap di sekitar mata. Jika memang penyebabnya adalah kurang tidur, maka lebih baik untuk mengatur jam tidur untuk mendapat waktu istirahat yang cukup. Pada umumnya, orang dewasa membutuhkan sekitar tujuh hingga sembilan jam per harinya.

 

Gaya Hidup

Gaya hidup yang tidak sehat juga menjadi faktor penyebab timbulnya si mata panda. Contohnya, mengonsumsi alkohol dapat membuat pembuluh darah di wajah melebar hingga muncul lah lingkaran yang gelap di bawah mata. Tak hanya alkohol, hal sama berlaku pada kebiasaan merokok, mengonsumsi makanan berkadar garam tinggi, mengonsumsi kafein secara berlebih, hingga bahkan menatap layar elektronik terlalu lama dapat membuat kulit di sekitar mata menjadi lebih gelap.

 

Faktor Genetik

Apabila munculnya lingkaran hitam di sekitar mata dimulai sejak kecil, mungkin ada faktor genetik yang menyebabkannya. Jika memang penyebabnya faktor genetik, mungkin mata panda lebih sulit untuk dihilangkan. Namun mata panda dikarenakan faktor genetik adalah hal yang wajar. Saat ini sudah banyak opsi perawatan dan kecantikan wajah yang dapat menghilangkan mata panda. Dengan menggunakan laser atau krim mata, misalnya.

 

Paparan Sinar Matahari

Terpapar oleh sinar matahari berlebih dalam periode waktu yang lama juga dapat menimbulkan mata panda. Pasalnya, ketika terpapar sinar matahari, tubuh akan terstimulus untuk memproduksi zat yang dapat membuat kulit tampak lebih gelap. Tak hanya itu, terpapar sinar matahari juga dapat membuat kerusakan kolagen yang dapat membuat kulit lebih tipis sehingga dapat menimbulkan mata panda. Untuk mengatasinya, krim mata dapat menjadi opsi yang bisa Anda pilih.

 

Nah, itu dia empat faktor yang dapat menyebabkan munculnya mata panda atau lingkaran hitam di sekitar mata. Memang banyak cara untuk mengatasi mata panda, mulai dari yang alami hingga yang menggunakan teknologi, namun alangkah baiknya jika kita mengenali dulu penyebabnya supaya tidak salah pilih langkah.

 

 

All Comments:

Tidak ada komentar

Your Comment: